NAMPANG DI PEMATANG SAWAH

NAMPANG DI PEMATANG SAWAH
ECTION DULU YACH...!!!

Jumat, 30 Juli 2010

10 Cara Kaya Berdasarkan Al-qur’an dan Hadist

Beberapa waktu lalu, saya membaca buku Berani Kaya Berani Taqwa karya Anif Sirsaeba. Didalamnya terdapat 15 cara menambah pundi-pundi kekayaan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah yang diambil dari buku karya Abu Ammaar Yasir Qadhi.

Dari situ saya mengambil ide tulisan 10 cara kaya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist, dan memutuskan untuk mempostingnya mumpung masih suasana Idul adha, karena salah satu esensi idul adha adalah kita sebagai muslim dituntut untuk menjadi orang yang mampu (harta) sebagai syarat ibadah yang di tunaikan pada bulan Dzulhijah yaitu Ibadah haji dan Berqurban.

Adapun 10 cara kaya berdasarkan Al-qur’an dan Hadist antara lain:

1. Bertaqwa (Al-qur’an surat Ath-Thalaaq [65]: 2-3 )

“…Barangsiapa yang bertaqwa kepada Alloh, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.”, ayat 3 “Dan memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Taqwa menurut para ulama: Menjalankan perintah Alloh dan menjauhi larangan Alloh.

2. Taubat (QS. Nuh[71]: 10-12)

“Maka aku katakan pada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai”"

3. Tawakal (Ath-Thalaaq [65]: 3)

“…Dan barangsiapa bertawakal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkan keperluan(nya)”

Menurut para ulama, Tawaqal adalah Menyerahkan semua ketentuan kepada Alloh, setelah segala usaha atau ikhtiar telah kita lakukan.

4. Bersyukur (QS. Ibrahim[14]: 7)

“…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. ”

5. Berhijrah karena Alloh

“Barangsiapa berhijrah dijalan Alloh, niscaya mereka mendapati dimuka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak.” (QS. An Nisa[4]: 100)

6. Membina Silaturahim

“Pelajarilah (yang cukup) silsilahmu agar kamu bisa membina tali silaturahim, karena membina tali silaturahim menambah jalinan kasih sayang diantara keluarga-keluarga, memperbanyak kekayaan, dan memperpanjang umur.” (HR At-Tirmidzi dan Ahmad)

7. Menginfaqkan Harta

“Dari Abu Hurairah RA, Rosululloh SAW bersabda, :”Alloh telah berfirman: wahai anak adam! Infaqkanlah hartamu. Aku akan menambah hartamu.”

8. Menikah

“Dan menikahlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Alloh akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Alloh Maha luas (pemberianNya) lagi maha mengetahui” (QS. An Nuur : 32)

9. Akhirat sebagai tujuan utama

“Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai seluruh tujuan dari tujuan-tujuannya, maka Alloh akan mencukupi duniawinya. Dan barangsiapa yang memperbanyak tujuan-tujuannyautnuk dunia, maka Alloh tidak peduli di lembah mana ia akan dibinasakan.”(HR Ibnu Majjah dan Al-Hakim)

10. Berdo’a dan Berusaha

Ayat tentang berdo’a:
“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu…”(QS. Al Mu’min[40]: 60)

Ayat tentang Berusaha (ikhtiar):
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”(QS. Al Jumu’ah[62]: 10)

“Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”(QS. Ar Ra’d[13]: 11)

Telah banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan mutiara hadist yang menjelaskan tentang penting nya berdo’a dan berikhtiar atau berusaha, karena seperti ayat tadi Alloh tidak akan mengubah keadaan seseorang, jika orang itu tidak merubah dirinya sendiri.

Dari ayat-ayat tadi kita bisa lihat bahwa Alloh telah memberikan rahasia (The Secret) bagaimana mendapatkan rizki yang berlimpah dan berkah. Jadi saatnya kita kembali kepada Al-Qur’an dan Hadist, karena semua rahasia kehidupan tampaknya sudah Alloh tuliskan melalui Al-Qur’an dan Al Hadist. Wallohualam

Mudah-mudahan bermanfaat!

Tidak ada komentar: