NAMPANG DI PEMATANG SAWAH

NAMPANG DI PEMATANG SAWAH
ECTION DULU YACH...!!!

Kamis, 13 Mei 2010

Percaya pada Takdir, Baik dan Buruk

Harta adalah simpanan berupa qona'ah (puas dengan ridho Allah), takkan hilang dan tidak butuh penjaga.

- afwan.... bukan bermaksud ingin membanggakan nama "Qona'ah" tetapi qt sama-sama belajar mengambil hikmah n berusaha mempraktekkan makna dari arti nama tersebut,,,

Saudaraku,....
Allah berfirman : " Tiada suatu bencana apapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. ( Kami jelaskan demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput/hilang, dan supaya jangan terlalu bergembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepada mu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri." (Q.S al-Hadiid : 22-23).

Nah, ada lagi dalam ayat lain Allah swt, berfirman :
" Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kamu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagi mu. Allah maha mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui." (Q.S al-Baqoroh : 216 ).

Saudaraku,....
Percaya pada qodho dan qodar mempunyai peranan yang penting, dalam mendapatkan ketenangan hati ketika dalam tertimpa musibah. Terutama disaat seorang hamba mengetahui bahwa Allah Maha lembut pada hamba-Nya, dan Allah Maha Menghendaki kemudahan,.. ingatlah " Innallaha ma'ana" Dia selalu ada untuk hamba-Nya.

Allah Maha Bijaksana dan Maha Tahu akan sesuatu yang diberikan atau ditangguhkan di akhirat dan akan memberikan pahala tiada terhitung pada mereka yang sabar. " Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolong mu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu" ( Q.S al-Baqoroh : 45),..

Inilah kemuliaan yang paling tinggi derajatnya. Dengan ini seorang muslim menjadi kuat, kaya hati, tenang jiwa, lapang dada, dan brwawasan luas. karena meyakini setiap baik dan buruknya kehidupan semata-mata sekenario yang ditulis oleh Allah untuk menguji hamba-Nya. Jika kita sadari,... ujian itu akan membuat kita lebih dekat atau bahkan lebih jauh dari-Nya... " Cukuplah Allah penolong bagiku dan Allah sebaik-baiknya pelindung". (Q.S ali-imron: 173),.. tapi ingatlah saudaraku,.. janji-Nya adalah BENAR....

ujian akam meningkatkan sejauh mana kita meng"Imani Allah,... sejauh mana kita dekat dengan-Nya. maka jangan terlampau hanyut dalam kesedihan or kegembiraan.. terima semua qodho dan qodarnya da sikap qona'ah. insya Allah semua akan jd lebih indah dengan janji-Nya,.. Jannah-Nya.... subhanallah....

itulah mengapa ada orang yang terhanyut dalam kesedihan dan ada yang tetap bahagia walaupun tertimpa musibah. ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, agar meringankan perasaan kita dalam menghadapi bencana dan memudahkan jiwa,Insya Allah :
1. Bayangkan pada musibah yang akibatnya akan lebih besar. dan lebih buruk
2. Ingatlah pada mereka yang tertimpa musibah lebih parah dari kita.
3. lihatlah betapa banyak nikmat yang telah engkau terima sementara orang lain yang tidak mendapatkan nikmat seperti mu yang sangat banyak.
4. Jangan menyerah dan berputus asa saat musibah menimpamu, karena " Sesungguhnya sesudah kesulitan, itu ada kemudahan " (Q.S an-Nasyr : 5-6).

Nah,...... Saudariku selamat mencoba n sama-sama memperbaiki diri dalam ukhuwah ini ya,...
bismillah......

Tidak ada komentar: